Text-Ads

Senin, 02 April 2012

Hati, Pikiran dan Tindakan yang Positif


Kita mungkin bertanya(termasuk halnya saya) bagaimana sih supaya kita mempunyai hati, pemikiran dan tindakan yang positif? Yah mudah memang dalam pengucapannya bahkan saya pun tidak begitu  yakin saya sudah mempunyai hati pikiran, dan tindakan yang positif. Melalui tuklisan kecil ini semoga kita bisa menemukan hal itu khususnya untuk saya dan umumnya untuk kalian yang membaca tulisan singkat ini.
Apakah hati itu? Hati jika merujuk pada definisi jasmaniah ialah salah satu organ yang penting di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring racun racun yang masuk melalui sesuatu yang kita makan ataupun yang kita  minum. Tetapi yang dimaksud disini pastilah bukan itu karena itu bukan suatu yang dapat dilihat tetapi dapat dirasakan.
Hati yang positif akan menghasilkan yang positif pula, begitu pun sebaliknya hati yang negative menghasilkan yang negative pula dan saya yakin Anda pun mengetahuinya. Jika kita mempunyai hati yang negative kita tak ubahnya seperti menyimpan borok dalam badan kita. Dan pad akhirnya borok itu akan menjadikan busuk badan kita. So kita harus dituntu untuk sealau mempunyai hati yang positif karena dengan kita mempunyai hati yang positif kita akan senantiasa semangat, percaya diri dan bergairah setiap saat bahkan ketika kita menemui kegagalan sekalipun. Ketika kita mempunyai hati yang positif kita akan selalu merasa dekat dengan Tuhan kita dan hal itulah yang akan membuat Anda merasa bahagia, karena puncak dari segala kebahagiaan manusia adalah ketika merasakan dekatnya Tuhan nya.
Lalu bagaimana dengan berpikir? Berpikirpun harus dengan positif karena Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Pemikiran yang negative adalah musuh dari suasana kehidupan yang kita jalani. Pikiran-pikiran yang negative akan menggangu focus kita dari hal-hal yang penting dan akan menghabiskan energy kita. Jika pikiran negative itu dating cepat-cepatlah ganti dengan pikiran-pikiran yang positive karena kebanyakan orang gagal hanya karena membiarkan pikirannya negative.
            Mengetahui bagaimana mengalahkan pikiran-pikiran negative dapat membuat perbedaan antara kesuksesan atau kebahagiaan dan kegagalan. Untuk itulah penting bagi kita untuk bisa berpikiran positive karena selain bisa menguntungkan kita hal inipun dapat menguntungkan banyak piihak. Berpikir positive adalah cara untuk kita berpikir lebih luas daripada pikiran kita sendiri. Jika kitaa mampu  berpikiran positive maka kitaakan mampu menghasilkan sesuatu yang mungkin tidak kita bayangkan sebelumnya. Walau kita gagal sekalipun dalam meraih keinginan kita selama kita masih bissa berpikiran positive kita bisa menghasilkan sesuatu yang jauh lebih indah. Terus-terus dan teruslah berpikiran positive maka kesuksesan akan menghampiri Anda.
            Bertindak yang positive sama halnya dengan berhati dan berpikir positive akan juga menguntungkan bagi siapa saja yang memilikinya. Yah bisa dikatakan jika kita mempunyai hati dan pikiran yang positive kita pun akan bertindak yang positive juga karena hal itu berhubungan satu sama lainnya. Jika semuanya dimuali dengan hati positive kemudian pikiran positive akan melahirkan sikap atau karakter yang positive pula. Lalu bagaimana agar kita maampu untuk bertindak secaraa positive? Berikut adalah diantaranyaa:
  1. Berbicara Positive
Kekuatan kata-kata tidak usah kita ragukan lagi. Sukses atau gagalnya sesorang dimulai dari ucapannya sendiri optimiskah atau pesimiskah, positivekah atau negativekah? Semoga kita termasuk dalam yang berbicara positive.
  1. Mendengar Positive
Jika kita senantiasa mendegar hal-hal negative kita pun bisa saja menjadi pribadi yang penakut sebaliknya jika kita mendengar hal-hal yang positive kita pun bisa menjadi pribadi yang pemberani. Bertemanlah dengan orang-orang yang berbicara positive maka engkau akan mendengar hal-hal yang positive darinya dan bersiaplah sukses bersamanya.
  1. Membaca Positive
Buku adalah gudangnya ilmu,membaca adalah kuncinya. Bacaan adalah salah satu sumber makanan bagi pikiran kita. Jika kita sering mengomsumsi bacaan yang positive maka pengetahuan kita pun yang kita dapatkan semakin bertambah ilmu kita dan dari ilmu tersebut kita dapat berprilaku positive. Jadi untuk bisa mengedaalikan kekuatan kata-kata dan bagaimana bertindak positive kita perlu juga berhati-hati dalam memilih buku bacaan.
Itulah pentingnya bagi kita untuk selalu berhati, berpikir dan bertindak yang positive. Hidup adalah pilihan, sukses adalah hak kita tetapi untuk meraihnya haruslah diselingi dengan hal-hal yang positive agar kehidupan lebih bahagia dan bermakna. Positivelah dalam berbagai hal maka hasilnya pun akan positive juga.

Daftar Pustaka:
Yuri, Abdurahman. 2010. Behati Berpikir Bertindak Positif. Bandung: MQ Publishing

7 komentar:

Azizah Fathia mengatakan...

memang berfikir positif di stiap keadaan itu sangat sulit. tapi harus slalu dicoba.

tulisannya sangat bermanfaat :)

Ewing mengatakan...

setiap hal positif, pasti mendatangkan hal yang positif pula :)

usmansoleh mengatakan...

yups terimakasih atas tanggapan'a.

usmansoleh mengatakan...

betul sekali utk itulah lakukan lah hal yg positif agar mendapatkan yg positif pula.

terimakasih tanggapan'a

Septria Utami mengatakan...

stiap pikiran positif biasanya mendatangkan tindakan yang positif juga :)

meinna kei mengatakan...

ohohoo..
positif thingking penting yah...

Grace Natalia Heryes mengatakan...

isinya keren tapi lebih keren klo diterapin dalam kehidupan sehari-hari

semangat!!

Posting Komentar

 
Powered by Blogger