Text-Ads

Senin, 02 April 2012

Cara Menilai Kepribadian Orang lain


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa kita menilai kepribadian orang lain, hal ini semoga berguna khususnya untuk sayaa dan umumnya untuk Anda semuanya yang berkenan membaca artikel kecil ini. Informasi yang tertera disini bisa untuk menambah wawasan kalian terutama bagi kalian yang berada pada jurusan psikologi yang disarankan untuk bisa mengetahui kepribadian seseorang.Ada banyak kesalahan manusia dalam menilai kepribadian orang lain,memang benar manusia tidak ada yang bisa lepas dari kesalahan termasuk halnya saya, tetapi sebagai manusia yang dianugerahkan segala macam perangkat yang dibutuhkan untuk bisa mengenal orang lain hendaknya kita gunakan agar tidak menjadi kesia-siaan, kita setidaknya bisa meminimalkan kesalahan-keselahan yang ada, kita bisa jadikan awal kesalahan kita sebagai introspeksi agar kita tidak melakukan kesalahan yang serupa, karena sebodoh-bodohnya manusia adalah manusia yang terus menerus melakukan kesalahan yang sama padahal dia mengetahuinya.
            Apakah Anda ingin menyesal ketika Anda mengetahui bahwasanya penilaian Anda terhadap orang lain itu salah,? Anda bisa saja salah dalam memilih pergaulan,sahabat, ataupun pendamping Anda karena Anda salah dalam menilai orang lain. Hal yang paling merugikaan adalah ketika Anda salah dalam menilai  sahabat  atau pendamping hidup Anda kelak. Contohnya sebut naamanya mawar(mawar maafin Marwan yah,hehe) dia mempunyai sahabat yang bernama Afika(lagi-lagi seperti iklan)  dia kira baik tetapi hanya sebagai penarik
Inilah tips dan cara-cara agar Anda bisa mengetahui kepribadian atau kepribadian orang lain:
1.      Jangan mengandalkan tampilan fisik semata.
Yah bisa di bilang sih jika infomasi yang pertama kita dapatkan dari orang lain bisa kita dapatkan melalui tampilan fisiknya, tetapi itu tidaklah cukup untuk bisa mengetahui kepribadian orang lain beserta sifat-sifatnya, karena tampilan fisik itu bisa menipu.

2.      Jangan mengandalkan perasaan Anda
Pernah saya dapat informasi tentang pacarnya sahabat saya, dia mengatakan bahwa pacarnya itu baik dan tidak suka mengekang(memaksa), yah bisa dibilang itu penilaian yang hanya mengadalkan perasaan, karena perasaan cinta yang tidak jelas sahabat saya itu mengatakan demikian, dan pada akhirnya ketika sudah putus barulah sahabat saya itu sadar dengan kesalahannya karena tidak sesuai dengan penilaiannya.

3.      Objektiflah dalam menilai orang lain
Perihal ini penjelasannya pun sama dengan yang nomor 3. Yah betul objektif artinya sesuai kenyataan aatau fakta atau jujur. Ketiak kita menilai orang lain baik itu keprbadiannya atau pun sifatnya.



4.      Penilaian orang lain jangan ditelan mentah-mentah.
Misalnya si A menilai si B buruk lalu kita iyakan karena kitaa percaya akan penilaian si A. Bisa saja dalam penilaiannya si A tidak mengetahui cara-cara dalam menilai orang lain.

5.      Lihatlah siapa sahabatnya
Seseorang pernah mengatakan jika kita berteman dengan tukang minyak wangi kita akan kebagian wanginya pun demikian dengan persahabatan manusia, kita bisa tahu mengenai kepribadian atau sifat seseorang dari sahabatnya, baikkah atau burukkah sahabatnya itu.

6.      Bacalah buku mengenai tips atau tat cara menilai orang lain.
Hal ini berguna untuk menambah wawasan Anda untuk bisa menilai kepribadian atau sifat orang lain 

7.      Jangan Sungkan untuk bertanya Kepada Ahlinya
Bertanyalah kepada ahlinya jika Anda merasa ragu akan kepribadian orang lain TAPI ingat bertanya kepada ahlinya jika tidak maka Anda akan sama saja seperti keraguan Anda.


Itulah sedikit tips dan triks dari saya, ini adalah PEMIKIRAN SAYA SENDIRI jadi pasti sangat banyak kekurangannya jadi mohon untuk kritikan dan sarannya,terimakasih atas perhatian Anda sekian wassalamu’alaikum.


6 komentar:

nindy mengatakan...

hmm.. menurut pendapat saya blog anda kurang berisi.. lebih baik kalo menilai orang itu berdasarkan psikologi.. maksudnya adalah menilai orang dari cara berjalan.. dari jenis tulisan.. dari warna favorit.. dari kebiasaan2 kecilnya... dari hal2 itu kita bisa menilai dia orangnya seperti apa.. gitu man.. artikel yang seperti itu sepertinya lebih berisi... itu saran saya. maaf jika ada kata2 yang tidak berkenan
terima kasih

usmansoleh mengatakan...

emh kurang berisi yah?nti kuisi dgn sdkt makanan deh,hhe

thx sarannya.

dina chairunnisa mengatakan...

iya menilai orang sebaiknya jangan dari fisiknya aja ehheeh :D

meinna kei mengatakan...

ati atiii..
jangan deket2 mance ah, ntar kebongkar lagi gw aslinya gimane kepribadiannya ;)
hehee

Azizah Fathia mengatakan...

yap setuju! jangan menilai orang dari covernya..

rynasafitri mengatakan...

Setiap orang punya kisahnya sendiri, jangan sibuk menilai ..
https://www.youtube.com/watch?v=gp_QgoRhF60

Posting Komentar

 
Powered by Blogger