Text-Ads

Sabtu, 31 Desember 2011

Analisis Mengenai Pengaruh Pengenalan Komputer Pada Perkembangan Psikologi Anak


Terimakasih sebelumnya kepada semua teman-teman yang telah memberikan doa dan dukungannya sehingga cobaan berat yang saya lalui bisa  ini menjadi ringan untuk saya dan untuk menjadi pribadi yang lebih kuat. Kali ini kita ditugaskan untuk mengomentari jurnal dan jurnal yang saya komentari berikut berjudul PENGARUH PENGENALAN KOMPUTER PADA PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK. Anak merupakan titipan ilahi yang harus kita jaga tumbuh kembangnya agar kelak bisa berguna bagi nusa dan bangsa, tetapi bagaimanakah jikalau anak itu kita biarkan bebas berkeliaran tanpa batas dalam mengarungi kehidupannya alih-alih untuk memberikan anak kebebasan.
            Komputer barang yang sudah tidak lagi asing di telinga kita bahkan pelajaran komputer telah masuk dalam pembelajaran di sekolah terutama mengenai internet. Dalam jurnal yang saya bahas kali ini ialah mengenai dampak pengaruh komputer pada perkembangan psikologi anak baik dari pengaruh positif maupun pengaruh negatifnya, seperti hal lainnya jikalau dalam pemakainya dilakukan dengan baik dan benar maka dampak yang akan di dapat adalah dampak yang positif dan sebaliknya ketika digunakan dalam pemakainya yang tidak benar maka dampak yang dihasilkan akan negatif.
            Pemakaian yang terlalu berlebihan walaupun digunakan dalam kegiatan yang positif juga akan mempengaruhi perkembangan aspek fisik, kognitif, emosi, sosial, dan motorik. Aspek fisik bisa meliputi seperti kelelahan, sakit mata, sakit maag(bila jarang makan) dll. Kognitif bisa meliputi seperti pikiran yang selalu tertuju pada komputer dan komputer baik di saat belajar maupun di saat di lingkungan masyarakat. Aspek emosi bisa meliputi rasa emosi yang berlebihan ketika tidak berada di lingkungan komputer. Aspek sosial bisa meliputi anak yang tidak mampu bergaul dengan anak yang lainnya walaupun bergaul mereka mungkin hanya mau jika sesama penggemar komputer.
            Seperti yang dijelaskan dalam jurnal ini, deketahui bahwasanya faktor-faktor perkembangan itu terbagi menjadi 2 yaitu faktor hereditas(keturunan dan lingkungan.  Faktor hereditas adalah faktor yang dibawa dari gen orang tuanya, sedangkan lingkungan adalah apa yang ada di sekitarnya . Faktor lingkungan bisa dikaitkan dengan peranan orang tua dalam mengasuh anak-anaknya, ketika anak-anaknya diberi kebebasan yang tiada batas dalam penggunaan komputer, maka jangan heran bila nantinya anak tidak bisa seperti yang diharapkan oleh orang tuanya.
            Erik Erickson sebagaimana dikutip oleh Monks mengajukam delapan tahapan perkembangan psikologis dalam kehidupan seorang individu dan itu semua bergantung pada pengalaman yang diperolehnya dalam keluarga. Selama tahun pertama, seorang anak harus mengembangkan suatu kepercayaan dasar (basic trust), tahun kedua dia harus mengembangkan otonominya, dan pada tahun berikutnya dia harus belajar inisiatif dan industri yang mengarahkannya ke dalam penemuan identitas dirinya. Pada usia sekitar 2 atau 3 tahun, anak banyak belajar  mengenai berbagai macam koordinasi visiomotorik. Aktivitas-aktivitas senso-motorik telah dapat diintegrasi menjadi aktivitas yang dikoordinasi. Hal ini penting misalnya pada waktu mencontoh sebuah gambar atau sebuah benda. Apa yang dilihat dengan mata harus dapat dipindahkan dengan motoriknya menjadi sebuah pola tertentu. Sekitar tahun ke-4 semua pola lokomotorik yang biasa sudah dapat dikuasainya. Dan kesemuanya itu haruslah dalam dilalui dengan baik dan benar serta berurutan jika si orang tua ingin anaknya berkembang dengan baik.
            Bisa saya simpulkan dalam pembahasan jurnal yang berjudul PENGARUH PENGENALAN KOMPUTER PADA PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK bahwa peranan orang tua dalam mengawasi anak ketika menggunkan internet sangatlah penting entah ketika anak bermain game, browsing internet dll jika ingin anaknya berkembang dengan baik. Harus diberikan anak itu kebutuhan di saat yang tepat jikalau tidak terlalu dibutuhkan hendaknya orang tua tidak memberikan anak itu dengan apa yang dia ingikan dengan memberikan penjelasan-penjelasan yang bisa diterima oleh si anak
  

Spesial Terimakasih ke Mama Saya,You are The Best Mom

Sumber: http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1308/1067.%2029%20Desember%202011

3 komentar:

shiella sasmita mengatakan...

Bener tuh, di zaman sekarang peran orang tua sangat penting buat anak2 yg udah sering bermain internet..

Azizah Fathia mengatakan...

Nice :)
seharusnya jg orang tua tidak membiasakan anak" berperilaku konsumtif.

yurika rizki tursina mengatakan...

nice info man
orang tua memang harus terus dampingin anaknya di zaman yg udah berkembang ini :)

Posting Komentar

 
Powered by Blogger